Cara Membuat Neon Box yang Bagus dan Murah

Pada kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan tentang Cara Membuat Neon Box yang Bagus dan Murah, mari kita simak…

Neon box adalah media reklame yang sudah tidak asing lagi karena memang media ini yang paling “membumi” dan dapat ditemukan dimana mana. Sepanjang jalan di pusat perkantoran atau perdagangan, pasti melihat neon box. Untuk sekedar membuat neon box dan memasangnya sepintas memang gampang namun untuk mendapatkan hasil yang bagus pastinya memerlukan keterampilan, keahlian, dan tentunya pengalaman.

Bagaimana Cara membuat neon box yang bagus dan murah? tentu perlu teknik dasar yang mesti diketahui terlebih dahulu karena neonbox dibuat dengan tujuan untuk memperindah suatu gambar visual ketika malam hari sehingga gambar tetap terlihat dengan jelas. Berikut ini adalah penjelasan mengenai langkah-langkahnya:

Cara membuat neon box yang bagus dan murah

ALAT YANG DIGUNAKAN :

  1. Pipa Kotak
  2. Cat minyak
  3. Bor
  4. Gerinda
  5. Paku rivet dan setangnya
  6. Besi Siku
  7. Backlite / Cutting Sticker
  8. Lem G / Alteco
  9. Cutter
  10. Lampu Neon dan ballastnya / lampu LED

Disini kita akan mengulas cara pembuatan neon box dari beberapa media, yaitu dari BACKLITE atau AKRILIK. Namun perlu diingat bahwa disini yang membedakan adalah pada bagian tampaknya saja sedangkan untuk bagian yang tidak tampak adalah sama. Bagian yang tidak tampak tersebut adalah RANGKA dan LAMPU.

RANGKA

Kita buat rangka sesuai dengan ukuran neon box yang akan kita buat. Rangka biasanya terbuat dari pipa kotak ukuran 3cm dengan ketebalan besi 1,4mm. Kalau tidak ada mesin las dan takut matanya sakit karena sinar las maka pergi saja ke tukang las, kasih ukuran dia akan tau sendiri. Cat-lah rangka tersebut agar tidak mudah karatan, ingat hanya agar tidak mudah bukan tidak akan karatan, karena besi tadi lama kelamaan juga akan karatan dan keropos tergantung bahan lapisan dan penggunaan Neonbox itu sendiri.

LAMPU

Kita siapkan lampu yang kualitasnya bagus agar supaya awet, jadi lampu tidak sering mati, karena kalau sering mati kita akan direpotkan sendiri untuk membongkarnya. Pasang lampu berjajar dengan jarak 20 cm, agar sinarnya rata.

PASANG BACKLITE / AKRILIK

Pastikan backlite atau akrilik kita sesuai ukuran atau lebih besar dikit, usahakan pada saat pemasangan backlite atau akrilik diberikan putihan untuk menarik pada saat pemasangan agar pasangnya bisa kencang. INGAT bagus dan tidaknya neon box tergantung dari pemasangan backlitenya.

Cara pemasangannya yaitu dengan cara ditarik agar supaya kenceng dan rata. Lakukan pengeleman dengan LEM G agar cepat kering. Pemasangan yang benar menurut saya yaitu dengan mengelem salah satu sudutnya terlebih dahulu, setelah kering dan kuat tarik ujung satunya lagi dan seterusnya, intinya semua ujung harus kena lem terlebih dulu. Setelah masing masing ujung rekat maka kita tinggal ngelem sisi yang lain secara berurutan. Sekali lagi harus yang kencang. Begitu juga apabila menggunakan Akrilik kurang lebih sama caranya.

Setelah itu coba dulu lampunya, siapa tahu dia mati kena goncangan saat pemasangan tadi, karena kita disini mau menutup sampingnya. Lakukan penutupan samping dengan menggunakan aluminium plat yang tipis saja, karena aluminium kan tidak berkarat, jadi relativ aman.

Potong aluminium sesuai dengan ukuran, gunakan Rivet yang bisa dibeli ditoko bangunan terdekat untuk melekatkan aluminium tadi. Setelah itu tutup setiap samping gambar dengan SIKU aluminium ukuran 3cm biasanya atau sesuai selera. Pastikan ada lobang kabel untuk lampu. Neon box siap dipasang.

PASANG CUTTING STICKER

Neon box memakai cutting sticker pada dasarnya sama dengan bahasan diatas, cuma yang membedakan adalah kalau menggunakan backlite, backlite tadi keadaannya masih polos saja atau warna putih polos. Jadi kita tinggal memasang cutting stickernya diatasnya backlite tadi, selesai. Kalau menggunakan akrilik, belilah akrilik warna putih susu atau sesuai selera, pasang untuk menggantikan backlite tadi, pasang cutting sticker diatasnya. Selesai dah.

Tips Agar Hasil Neon Box Memuaskan

Untuk menghasilkan neonbox yang bagus maka kita harus paham teknik mencetak gambar untuk neon box, ada 2 hal dasar yang harus kita pahami ketika mencetak gambar untuk neonbox yaitu :

  • Gambar untuk neonbox harus memiliki resolusi yang tinggi dan cetakan sehalus mungkin, karena jika cetakan kita bergaris maka akan sangat terlihat ketika lampu neon dinyalakan, untuk itu anda harus memastikan bahwa mesin dan bahan yang anda gunakan untuk membuat neonbox mampu menghasilkan gambar ber-resolusi tinggi.
  • Gambar untuk neonbox harus lebih pekat dibandingkan cetakan biasa, karena gambar untuk neonbox akan disinari lampu maka dia harus memiliki kepekatan yang cukup sehingga tidak akan terlihat pudar atau puyeh ketika terkena cahaya lampu. Untuk itu secara umum gambar untuk neonbox dicetak 2x atau overprint serta bisa juga dengan menggunakan bahan doubleside dimana gambar dicetak di kedua sisi bahan sehingga gambar akan terlihat lebih pekat.

Agar dapat memenuhi 2 hal di atas maka kita harus menggunakan mesin cetak dan bahan yang bagus jika akan membuat gambar untuk neon box. Banyak teknik yang digunakan untuk membuat neon box yaitu :

Sticker Khusus Neon Box

Neon box menggunakan sticker khusus neon box (merk 3M, oracal, ritrama,dll) dan acrylic susu. Teknik ini menggunakan mesin cutting untuk memotong sticker yg umumnya sudah ada warnanya sesuai pola atau designnya kemudian sticker yg sudah dipotong tersebut ditempelkan ke acrylic.

Acrylic yg sudah ditempelin stiker selanjutnya dipasang di rangka neon box. Teknik ini umumnya digunakan untuk neon box yg memiliki komposisi warna simple atau tidak ada gradasi… box ATM bank.

Backlite Frontlite

Neon box menggunakan backlite frontlite, neon box ini menggunakan bahan backlite yg secara bahannya mirip dengan frontlite/vinil/mmt. Kelebihan menggunakan bahan ini kita bisa mencetak gambar atau design bebas tanpa ada batasan warna dan untuk pemasangannya relatif lebih mudah yaitu dengan memantek frontlite ke rangka sehingga tidak diperlukan lagi acrylic sebagai penyanngganya yang efeknya juga neon box tidak terlalu berat.

Bahan backlite ini ada yang bersifat double side atau bisa dicetak di kedua sisinya, biasanya gambar dicetak dengan arah berlawanan dan menggunakan printer yang memiliki kemampuan cetak depan belakang secara bersamaan atau kalo tidak kita bisa melakukan print bolak-baliknya secara manual asal hati2. Neon box yang menggunakan teknik seperti ini contohnya neon box untuk iklan rokok yang ada di sepanjang jalan.

Backlite Film

Neon box menggunakan backlite film, neon box ini menggunakan bahan backlite seperti mika yang biasanya disebut duratrans (merk). Dengan sisitem ini kita juga bebas mencetak gambar sesuai warnanya atau bebas. Untuk metode ini kita masih membutuhkan acrylic untuk menempelkan backlite film di rangka neon box.

Neon box dengan bahan duratrans akan terlihat elegan karena hasil seperti photo dan permukaannya halus. Neon box seperti ini dpat kita jumpai di toko-toko baju, mall-mall, kalo anda ke toko batik keris atau mall matahari maka anda bisa melihat neon box seperti ini terpampang di toko mereka.

 

Demikian penjelasan mengenai Cara Membuat Neon Box yang Bagus dan Murah, terlihat mudah memang tapi kembali lagi semua itu diperlukan keterampilan dan pengalaman, dari sisi biaya pun agar menjadi lebih murah maka usahakan membeli bahan-bahan dalam jumlah banyak dan tentunya sudah kenal dengan suppliernya.

Jika anda merasa penjelasan diatas kurang familiar atau menurut anda susah dan tidak mau ribet, kami menawarkan Jasa Pembuatan Neon Box paling murah dan terbaik se-Indonesia.

Segera Hubungi Neon Box Termurah di Bandar Lampung

  • SMS/WA: 081241803334
  • Email: advertising.lpg@gmail.com
SMS 081241803334Whatsapp 081241803334Sukarame, Lampung